BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

BAPPEDA KABUPATEN MADIUN

Jl. Alun-alun Timur No. 2 Caruban. Telp/Fax: (0351) 451 145, Email : bappedamadiunkab@gmail.com

Forum Rancanagan Awal RPJPD Kabupaten Madiun 2025-2045

Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Madiun mengadakan Rapat Koordinasi dan Sinergitas Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Madiun Tahun 2025 – 2045 pada 18 – 19 November 2023 yang bertempat di Hotel Alana, Malang.

Acara ini diawali dengan laporan Ketua Penyelenggara, Kepala Bapperida Bapak KURNIA AMINULLOH, yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Pj. Bupati Madiun, Bapak TONTRO PAHLAWANTO. Penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Madiun Tahun 2025 – 2045 bekerja sama dengan Tenaga Ahli dari Universitas Brawijaya, Bapak ANDY KURNIAWAN beserta Tim. Turut hadir Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Madiun dari Komisi D, Asisten, staf ahli Perangkat Daerah terkait, unsur budayawan dan petani milenial berserta tim.

Tantangan dalam penyusunan dokumen RPJPD ini adalah Perencanaan jangka Panjang (20) Tahun memiliki tingkat uncertainty (ketidakpastian) yang sangat tinggi, sehingga tren tidak bisa dijadikan dasar; masa depan tidak harus didasarkan pada pengalaman historis masa lampau, masa depan adalah cita-cita dan harapan; Perencanaan jangka Panjang harus dibangun perspektif pelaku Pembangunan masa depan; isu jangka Panjang berbeda dengan isu jangka menengah dan jangka pendek, sehingga orientasi Pembangunan diarahkan pada hal yang bersifat transformatif; RPJP merupakan heavy partisipatif dan teknokratik.

Masukan dari Tim Komisi D DPRD Kabupaten Madiun adalah bagaimana menjaga soliditas Kabupaten Madiun, agar tidak terpecah lagi wilayahnya, di khawatirkan Madiun bagian Selatan akan mendirikan wilayah Kabupaten sendiri, lalu keberadaan Kota Madiun yang dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Madiun.