BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

BAPPEDA KABUPATEN MADIUN

Jl. Alun-alun Timur No. 2 Caruban. Telp/Fax: (0351) 451 145, Email : bappedamadiunkab@gmail.com

FGD Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah

FGD Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah yang bertempat di Rumah Makan Kampoeng Sawah, dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Desember 2021 dan dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Madiun, Bapak KURNIA AMINULLOH, yang juga dihadiri oleh Narasumber dari Komisi D DPRD Kabupaten Madiun yaitu Bapak Drs. MASHUDI selaku Ketua Komisi dan anggota diantaranya Bapak EDY WIDANTO, Bapak AGUS SETIYOBUDI, SE., dan Ibu ENDANG SRI MULYANI. FGD ini juga mengundang Bapak Drs. SUYADI, M.Si., selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Madiun, dan seluruh Kabid dan Kasubid Bappeda Kabupaten Madiun.

Paparan FGD disampaikan oleh Ibu WURYANI PUJI ASTUTI, SKM., selaku Kabid Pengelolaan Data, Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah adlah suatu proses pemantauan dan supervisi dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan serta realisasi hasil realisasi kinerja dan keuangan untuk memastikan tercapainya target secara ekonomis, efisien, dan efektif. Adapun tujuan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah adlah untuk mewujudkan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan dan hasil rencana pembangunan daerah; Konsistensi antara RPJPD dengan RPJPNdan RTRW daerah; Konsistensi antara RKPD dengan RPJMD; dan Keseuaian antara capaian pembangunan daerah dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Masukan dari Narasumber diantaranya Sinergitas yang sudah baik antara Legislatif dan Eksekutif agar dapat terus dijaga utamanya dalam penyusunan Perda maupun arah kebijakan pembangunan Kabupaten Madiun; Kesenjangan anggaran antar OPD dapat dikurangi, utamanya antar kecamatan. Bapak Asisten Ekbang juga memberikan feedback yaitu Komisi D sebagai mitra Bappeda memiliki keuntungan dapat mengetahui lebih awal mengenai kebijakan dan arah pembangunan Kabupaten Madiun untuk jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendekdibandingkan dengan komisi lain yang lebih bersifat teknis; Dengan mengetahui lebih awal mengenai arah kebijakan pembangunan, diharapkan peran DPRD dalam mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Madiun; dan Membantu memberikan penjelasan kepada Komisi lainnya mengenai program prioritas dan arah kebijakan pambangunan daerah Kabupaten Madiun.