BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

BAPPEDA KABUPATEN MADIUN

Jl. Alun-alun Timur No. 2 Caruban. Telp/Fax: (0351) 451 145, Email : bappedamadiunkab@gmail.com

RAPAT KOORDINASI PENGUATAN INOVASI DAERAH DI KABUPATEN MADIUN

Pada hari Kamis tanggal 3 Desember 2020 dimulai jam 09.00 pagi, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah di Kabupaten Madiun yang bertempat di Rumah Makan Icha Orient Tarsan, Caruban. Acara ini diselenggarakan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kabupaten Madiun. Sebagai penanggung jawab pelaksanaan acara adalah Kabid Litbang dibantu Kasubid Inovasi dan teknologi dan Kasubid lain serta seluruh Staf Litbang. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala OPD, Direktur BUMD dan Kepala Puskesmas se-kabupaten Madiun sebagai peserta.

Dalam acara ini menghadirkan 2 orang narasumber :

  • Dr. Ir. Teguh Soedarto. MP. Guru Besar Universitas Pembangunan Nasional dan selaku Tim Pengendali Mutu Kelitbangan Balitbang Propinsi Jawa Timur.
  • Dina Limanto selaku praktisi inovasi daerah yang sering menjadi konsultan masalah inovasi di beberapa daerah, baik skala nasional maupun internasional.

Dalam acara ini hadir Kepala BAPPEDA selaku tuan rumah penyelenggara, serta dihadiri juga oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Madiun selaku Wakil Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun.

Dalam laporannya Kepala BAPPEDA menyampaikan tentang prestasi yang telah dicapai oleh Kabupaten Madiun di tahun 2019 dan 2020 sekaligus harapan ke depan kepada seluruh OPD dan BUMD serta Kepala Puskesmas untuk dapat menggiatkan inovasi di OPD masing-masing. Sedangkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan membacakan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun yang salah satunya adalah mewajibkan masing-masing OPD untuk melakukan inovasi dan melaporkan dalam jangka waktu 6 bulan ke depan.

Narasumber I memaparkan tentang regulasi inovasi daerah, indeks inovasi daerah, kriteria, bentuk dan penilaiannya. Termasuk aspek, variabel dan indikator inovasi daerah.

Narasumber II memaparkan tentang inovasi, inovator dan perlunya inovasi. Jenis-jenis inovasi dan inovasi pelayanan publik, beserta contoh-contoh inovasi yang telah dilakukan di daerah bahkan di negara-negara maju sebagai bahan pembanding dan motivasi bagi inovator daerah untuk berkreasi.